materi 2


Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan komputer/mesin yang digunakan sebagai alat bantu dalam suatu sistem agar dapat melakukan pekerjaan sebagaimana manusia.
 Beberapa bidang yang termasuk artificial intelligent (ai) atau kecerdasan buatan antara
lain: sistem pakar (expert system), genetic algoritm, fuzzy logic, jaringan syaraf tiruan (neural network), robotika.

Bidang Kecerdasan buatan ;
      Sistem Pakar: suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.  Misal : kedokteran, enginering, dll
      Genetic Algoritm: Teknik pencarian yang digunakan dalam komputasi untuk menemukan solusi yang tepat atau perkiraan untuk optimisasi dan masalah pencarian.
      Fuzzy Logic : konsep logika yang tidak berprinsip hanya pada kondisi “ya” dan “tidak” saja.
      Jaringan syaraf tiruan: Menirukan cara kerja otak manusia
      Robotika: menirukan keseluruhan tingkah laku manusia

PERKEMBANGAN KOMPUTER

      Komputer yang hanya berprinsip pada pola biner : “1″ dan “0″ atau “ya” dan “tidak” yang tidak dapat berpikir lainnya, pada awalnya digunakan untuk membantu manusia dalam menghitung kini menjadi sangat luas sekali kegunaannya sebagai alat bantu dalam teknologi lainya seperti otomotif, telekomunikasi,
      Penerapan Kecerdasan buatan pada mesin/komputer akan sangat membantu manusia dalam segala hal yang sebelumnya sulit (/tidak dapat) dilakukan oleh mesin/komputer seperti : mengenali pola (wajah, suara, gambar), membuat fungsi yang rumit (nonlinear, ketidak pastian, ketidak stabilan dll), memprediksi (gempa, keuangan, pertumbuhan ekonomi, cuaca, dll), sistem pakar ( kedokteran, montir, kepolisian, kejaksaan, detektif dll).


Manusia VS Komputer/Mesin

Manusia
>Kecepatan mengolah data : lambat
Kepresisian : - kurang
Logika berpikir: - ada
Dapat berkembang
Adaptive
Flexible
memiliki alternatif

Mesin/Komputer
Kecepatan mengolah data : cepat
Kepresisian :sangat presisi
Logika berpikir: tidak ada
Tidak Dapat berkembang
Tidak Adaptive
Tidak Flexible
Tidak memiliki alternatif